Selamat Datang!

Bupati Tegal Lepas Kontingen Pramuka Penggalang Ikuti Jamnas ke 11




SLAWI (ranahpesisir.com )
-Bupati Tegal Umi Azizah melepas Kontingen Pramuka Penggalang Kabupaten Tegal yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke-11 Tahun 2022 di Cibubur, Jakarta Timur. Sebanyak 26 peserta Jamnas dan 6 orang pendamping dilepas keberangkatannya dari Pendopo Amangkurat, Selasa (09/08/2022) pagi.


Bupati Umi yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Tegal mengatakan gerakan pramuka ini merupakan kegiatan pendidikan luar sekolah yang menitikberatkan pada pembinaan dan pengembangan jasmani, mental maupun spiritual serta penumbuhan jiwa kesetiakawanan sosial dengan cara-cara yang menyenangkan.


Umi pun meyakini jika prinsip dasar dan metode kepramukaan ini diikuti dengan baik dan diterapkan dengan benar maka dapat mengantarkan anggota pramuka menjadi pelopor perubahan dan pemimpin di masa depan,


“Tempaan di kepanduan yang lekat dengan cara-cara teratur dan terarah juga telah mengantarkan bapak, ibu yang duduk di depan ini menjadi pemimpin yang tahan banting. Dan hasil dari proses geblengan di pramuka ini akan kalian rasakan nanti,” kata Umi.


Dengan mengusung tema ceria, berdedikasi dan berprestasi, ajang perkemahan lima tahunan untuk pramuka penggalang ini akan berlangsung selama delapan hari. Umi pun menitip pesan pada kontingen pramuka Kabupaten Tegal bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Jamnas ini.


Sebab di sana, sambung Umi, banyak sekali kegiatan penting yang kaya akan ilmu pengetahuan, sehingga ini bisa menjadi pengalaman berharga untuk diserap dan kemudian ditularkan di kegiatan kepramukaan Kabupaten Tegal.


“Selaku orang tua, kiranya juga patut bersyukur putra-putrinya terpilih menjadi utusan dari Kabupaten Tegal. Tidak perlu khawatir, semua kebutuhan kontingen akan dicukupi. Dan kepada peserta, tetap semangat, jaga kekompakan dan nama baik Kwarcab Kabupaten Tegal,” ujarnya.


Dirinya pun menitip pesan kepada pendamping untuk bisa menjaga pola makan peserta kontingan agar kesehatannya terjaga. Adapun kepada peserta berkebutuhan khusus, Umi menyampaikan apresiasinya yang meskipun memiliki keterbatasan fisik tetap mampu bersanding dengan peserta lain.


Di sini Umi juga sempat mencontohkan atlet paralimpiade nasional Banyu Tri Mulyo yang banyak meraih prestasi di tingkat ASEAN dan Asia bisa menjadi sumber inspirasi.


Dalam acara yang sama, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dalam laporannya menjelaskan, Jamnas Pramuka ke-11 Tahun 2022 akan dilaksanakan dari tanggal 14-21 Agustus 2022 mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur.


Adapun kontingen pramuka Kabupaten Tegal akan berangkat pada Rabu (10/08/2022) untuk mendirikan tenda dan persiapan upacara pembukaan Jamnas dan apel besar Hari Pramuka yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Agustus 2022


Lebih lanjut, Joko menjelaskan, total jumlah peserta Kontingen Jamnas dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Tegal ini 26 orang yang terdiri dari 8 peserta penggalang putra dan 16 peserta penggalang putri dengan didampingi 3 orang pendamping putra dan 3 orang pendamping putri. Adapun dua orang lainnya merupakan peserta berkebutuhan khusus.


“Peserta Jambore Nasional ini merupakan utusan dari SMP dan MTs yang sebelumnya sudah diseleksi di Kwarcab Tegal dan utusan dari SLB Manunggal Slawi untuk peserta berkebutuhan khusus.” pungkas Joko. (FH/hn)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com