Selamat Datang!

240 ASN Pemkab Tegal Ikuti Pelatihan Government Transformation Academy


SLAWI (ranahpesisir.com ) -–
Sebanyak 240 aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Tegal mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA) yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Pelatihan selama lima hari mulai tanggal 5-9 September 2022 yang bertempat di SMP Negeri 3 Slawi ini dibuka langsung Bupati Tegal Umi Azizah, Senin (05/09/2022) pagi.


Umi mengatakan, perubahan dinamika global di era society 5.0 telah menuntut terselenggaranya pemerintahan berbasis digital atau lebih dikenal dengan istilah sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Maka, untuk mendukung digitalisasi pemerintahan ini, diperlukan sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi.


“Saya menyambut baik diselenggarakannya pelatihan GTA ini sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi, membekali peserta dengan keterampilan atau keahlian ilmu terapan yang lebih terstruktur, terencana, terstandarisasi dan bersertifikat,” ujarnya.


Selain menambah literasi teknologi informatika, pelatihan ini juga sangat bermanfaat dalam mendukung penyiapan sumber daya manusia TIK untuk menunjang pelayanan publik digital dan digital government sebagai bagian dari pencapaian target SPBE.


Kecakapan ASN dalam menguasai penggunaan perangkat teknologi ini sangat diharapkan pihaknya untuk menunjang aktivitas kerja di lingkungan birokrasi pemerintahan daerah yang sudah harus ramah pada penggunaan TIK.


Kemampuan mengonversi dokumen cetak, data konvensional, data numerik tertulis menjadi data digital, lengkap dengan analisisnya diharapkan mempermudah pihaknya dalam proses perumusan dan pengambilan kebijakan sampai komunikasinya ke publik melalui tampilan visual yang menarik seperti infografis.


Di akhir sambutannya, Umi berharap selurh peserta bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini sungguh-sungguh.


“Jangan berpikiran sekedar menggugurkan tugas, sekedar menunaikan perintah pimpinan, tapi harus diniatkan untuk menambah ilmu, meningkatkan kompetensi dan bekal keterampilan untuk menunjang kinerja bapak, ibu bekerja lebih baik, lebih efektif dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi serta siap menjadi agen perubahan di unit kerjanya masing-masing,” tegasnya.


Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Adi Novian Prihantoro menuturkan salah satu tujuan Kementerian Kominfo yang mendukung pencapaian visi misi Presiden adalah mendorong percepatan digital di tiga aspek, diantaranya aspek bisnis, aspek masyarakat dan aspek pemerintahan. Ketiga aspek tersebut, menurut Adi tentunya harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi digital.


Dalam mewujudkan visi misi tersebut, salah satu sasaran strategis Kementerian Kominfo adalah memberikan dukungan implementasi digitalisasi pemerintah.


“Sehingga di sini kami memiliki peran penting dalam pembangunan dan pengembangan ASN di bidang komunikasi dan informatika. Oleh karena itu, sejak tahun 2021 kami mulai menjalankan program GTA untuk mendukung percepatan transformasi digital di pemerintahan sesuai dengan tugasnya masing-masing,” tuturnya.


Adi menambahkan, ada tiga tema pelatihan GTA di Pemkab Tegal ini yang terbagi dalam 8 kelas. Diantaranya, tema analisis kota cerdas, tema fasilitator pembelajaran digital dan tema junior office operator.


“Masing-masing tema sudah kami siapkan pengajarnya. Mudah-mudahan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi ASN di lingkungan Pemkab Tegal,” pungkasnya. (OI/hn)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com