Selamat Datang!

Buka TMMD, Bupati Pesan Waspada Bencana


BREBES (ranahpesisir.com )
-Menghadapi musim hujan, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH berpesan kepada masyarakat untuk mewaspadai bencana alam. Sebab Kabupaten Brebes sebagai daerah unik dengan letak geografi di pegunungan, dataran dan pesisir pantai sehingga rawan bencana ketika datang musim hujan. Untuk itu, seluruh warga untuk waspada menghadapi musim penghujan.


Pesan Bupati disampaikan saat membuka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III tahun anggaran 2022 di lapangan Desa Cibentang, Kecamatan Bantarkawung, Selasa (11/10).


“Kita telah memasuki musim hujan di September sampai November dan di daerah pegungan berpotensi terjadinya tanah bergerak atau longsor,” ujarnya.


Idza juga mengintruksikan kepada kepala desa, lurah, camat dan kepala OPD untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat, tentang kondisi wilayah rawan bencana. Sehingga kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana dapat diantisipasi secara dini dan bersama-sama.


Pembukaan ditandai dengan penyerahan alat kerja dan pemukulan kentongan oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH.


Idza juga mengapresiasi kepada jajaran TNI, khususnya Kodim 0713/Brebes, Polri dan seluruh komponen masyarakat yang turut terlibat pada upaya pembangunan melalui TMMD. Terlebih selama ini, TNI dikenal sangat dekat dengan rakyat, menyatu dan melebur dengan masyarakat, membangun semangat nasionalisme dan menghidupkan budaya gotong royong. 


“Inilah salah satu wujud pembinaan teritorial dan kerja sama lintas sektoral, sebagai bentuk sinergi antara pemerintah daerah dan TNI dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah,” ungkapnya.


Pelaksanaan TMMD, lanjutnya, terbukti mampu memelihara kesinambungan kerja sama antara TNI, Polri, masyarakat dan pemerintah daerah. Langkah tersebut sebagai upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan, yang mendukung pada terciptanya ketahanan masyarakat desa dan ketahanan nasiona.


Diharapkan, momentum TMMD mampu membangun sinergi, menggugah kesadaran budaya gotong royong, mempererat tali persaudaraan, merajut kebersamaan dan persatuan. Sehingga mampu membangun Kabupaten Brebes agar semakin aman, maju dan sejahtera.

 

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki selaku Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap III dalam laporan yang dibacakan Kapten Inf Surikan menjelaskan, TMMD digelar selama 30 hari (11 Okt-9 Nov 2022) di Desa Cibentang Kecamatan Bantarkawung.


Dalam TMMD kali ini, melihat progres kegiatan fisik berupa infrastruktur, seperti pembangunan jalan, RTLH, fasilitas umum dan sarana prasarana pendukungnya. Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara, ideologi pancasila, kebhinnekaan serta pendidikan sebagai hak dasar manusia yang meliputi pemberantasan buta aksara, paud, pendidikan karakter, termasuk pendidikan keluarga, pendidikan ketrampilan dan pendidikan kesetaraan yang semuanya berbasis desa.

Hadir pada acara tersebut Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki, Kapolres Brebes AKBP. Faizal Febrianto, Ketua Dekranasda en Brebes Dr Drs H Warsidin SH, Anggota DPRD Kabupaten Brebes, para kepala OPD Brebes, Camat Bantarkawung serta kepala desa sekecamatan Bantarkawung dan tokoh masyarakat.(*)


Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com