Selamat Datang!

Lapakemane Brebes Berguru Ke Tuka Tuku Purbalingga


BREBES (ranahpesisir.com )
Lapakemane sebagai sentra produk Usaha Menengah Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes berupaya meningkatkan kapasitas anggotanya. Untuk itu dilakukan studi tiru ke Tuka Tuku di Purbalingga beberapa waktu lalu. Dalam studi tiru tersebut diiambil beberapa pelajaran yang bisa diterapkan di Kabupaten Brebes, khususnya pelaku UMKM di Lapakemane.


Rombongan yang dipimpin Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (dinkopumdag) Kabupaten Brebbes Lusiana Indira Isni diterima Kabid UMKM DinkopUKM Kabupaten Purbalingga Adi Purwanto. 


Adi mengaku bangga mendapatkan kunjungan dari rombongan Lapakemane Brebes. Adi menceritakan kalau UKM bisa berkembang maju kalau ada niatan besar dari para pelaku untuk mengembangkan usahanya. Seperti halnya Getuk Goreng adalah salah satu makanan khas Sokaraja, sering menjadi buah tangan ketika berkunjung ke sekitar Banyumas. Sokaraja merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas yang cukup ramai. Apalagi Sokaraja adalah daerah penghubung antara Kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara. 


“Hal inilah yang membuat toko oleh-oleh getuk goreng di Sokaraja selalu ramai pembeli walau tempatnya berjejeran,” jelasnya.

Sedangkan di Purbalingga, Adi mengatakan untuk memudahkan pemantauan para pelaku UMKM di Purbalingga, pihaknya menggabungkan antara sistem paguyuban dan leveling. Saat ini sudah ada 52 paguyuban yang menaungi 96 ribu UMKM di Kabupaten Purbalingga. Sedangkan untuk leveling, pihaknya menerjunkan 18 pendamping UMKM di setiap kecamatan.


“Dengan keterbatasan SDM kita bentuk paguyuban sehingga menjadi sangat terkontrol, kita bisa memantau UMKM mana yang bisa maju dan larinya cepat, merekalah yang nantinya kita fasilitasi. Selain itu, di setiap event pemda, UMKM pasti ikut,” ujarnya.


Sedangkan untuk pendamping UMKM, lanjut Adi, pihaknya bisa lebih menggali UMKM di pedesaan untuk mendapat fasilitas seperti pelatihan di tingkat kecamatan. Jika terus berkembang, maka akan difasilitasi ke tingkat kabupaten seperti diikutkan dalam pelatihan dari kementrian atau bantuan yang lainnya. 


Kabid Usaha Mikro Dinkopumdag Brebes Lusiana Indira Isni mengungkapkan kalau studi tiru sangat bermanfaat dan tepat menjungi Purbalingga. Dia berharap Lapakmane bisa berjalan seperti halnya Tuka Tuku di bawah naungan dinas terkait sehingga bisa mendapat fasilitas dari pemerintah.


“Dari sisi kedinasan ada yang dipelajari, dengan harapan dari dinas kami bisa lebih support ke teman-teman UMKM Kabupaten Brebes,” pungkasnya.(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com