Selamat Datang!

Tiga Dekade Perumda Tirta Baribis Brebes Layani Air Bersih


BREBES (ranahpesisir.com )
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Tirta Baribis Brebes sudah melayani selama 30 tahun. Sebuah kurun waktu yang panjang dan sangat membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih, meskipun terkadang mendapat aduan yang bertubi-tubi dari pelanggan ketika terjadi kerusakah pipa atau kebocoran yang membutuhkan waktu perbaikan. 


Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes Ir Djoko Gunawan MT saat pengundian hadiah Gebyar 3 Dekade Perumda Tirta Baribis, di aula Perumda setempat, Rabu (14/12).


“Sudah ada 49 ribu sambungan rumah tangga yang dilayani Perumda Air Minum Brebes,” ungkap Djoko.


Untuk itu, lanjutnya, Pemkab juga terus mensuport Tirta Baribis sebagai upaya peningkatan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. Dan ternyata di lapangan pelanggan makin senang dengan pelayanan yang diberikan Perumda Tirta Baribis. Meskipun tidak dipungkiri akibat bencana alam atau teknis lainnya terjadi gangguan teknis seperti kerusakan pipa yang mengakibarkan kebocoran dan membutuhkan waktu tidak sedikit dalam perbaikan. 


Selaku Pembina Perumda Air Minum Tirta Baribis, Djoko menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Perumda Tirta Baribis yang telah bekerja maksimal. Sehingga di usia yang ke-30 tahun ini berbagai capaian sudah diraih bahkan sampai menjadi 10 besar BUMD terbaik di Jawa Tengah.


Secara pribadi, Djoko juga pernah menjadi bagian dari Perumda Tirta Baribis sehingga ikut bangga dengan prestasi yang diraih Perumda Tirta Baribis. Dulu saat mencari sambungan Sambungan Rumah (SR) sebanyak 1000 dalam setahun, sulitnya minta ampun, Namun Alhamdulillah dengan iklim kebijakan pusat yang cukup baik, dukungan dari sisi APBD Kabupaten dan provinsi juga cukup bagus. Sehingga saat ini target minimum yang harus dicapai oleh Perumda Tirta Baribis dalam setahun 5000 sambungan SR.


Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes Agus Isyono SE MM melaporkan, perusahaannya telah menorehkan prestasi diantaranya menjadi TOP BUMD dari tahun 2020 sampai 2022 dengan bintang 4, juara 2 Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Brebes, menjadi terbaik 10 PDAM di tingkat Jawa Tengah, serta terbaik dalam kerjasama prlindungan karyawan.


Agus menyebutkan, seluruh kecamatan sudah terjangkau Perumda Tirta Baribis yakni di 17 kecamatan,  Namun mengingat jumlah penduduk yang banyak dan luasnya wilayah menjadi tantangan dan peluang. 


“Mudah-mudahan tahun depan mencapat target 55 ribu sambungan rumah baru.,” pungkasnya. 


Suplay air, lanjutnya, untuk bagian utara berasal dari PDAB Provinsi, di selatan ada di Spam Uleng dan untuk bagian Barat sudah terjalin dengan SPAM Kuningan. Terkait tingkat kebocoran terjadi penurunan yakni dari 27 persen menjadi 26 persen. Agus juga mengakui adanya media sosial karena aduan bisa cepat direspon,


Di HUT ke-30, lanjtutnya, menggelar undian berhadian bagi pelanggan, donor darah dan jumat berkah berupa santunan anak yatim, hadiah diberikan kepada Pelanggan yang telah membayar Rekening Tagihan Tepat Waktu. Adapun hadiah yang diberikan yakni 2 Unit Sepeda Motor, 4 Unit TV 32 inc, 4 unit Lemari Es, 4 unit Mesin Cuci, 6 Unit HP Android, dan 10 Unit Kompor Gas. 


Hadiah Utama dua sepeda motor diraih Abdul Hakim Jl. Raya Linggapura Desa Linggapura dan Suparjo Jalan Pemaron No 49 Rt.02 Rw.04. Hadiah selambat-lambatnya 90 hari setelah pengundian.


Tampak hadir antara lain, Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Mernawati SH MH, Direktur PDAM se korwil Pekalongan, Pimpinan perbankan BUMN dan BUMD, beberapa perwakilan OPD, Forkompimcam dan Forum Pelanggan yang diundang hadir(*)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com