Selamat Datang!

Panen Raya Nusantara 1 Juta Ha


BREBES (ranahpesisir.com)
Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin, SH,MH hadiri Panen Raya Nusantara 1 Juta Ha di desa Pende, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, Kamis (9/3). Acara panen raya ini digelar serentak se-Indonesia.

Urip menyampaikan, berdasarkan prediksi luas panen padi yang tersebar di 17 kecamatan, terdapat 20.651 ha luas lahan sawah yang akan panen dengan perkiraan produksi sebesar 138.447 ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan 79.903 ton beras.

Prediksi panen padi di Kabupaten Brebes selama bulan April tahun 2023, seluas 15.870 ha dengan produksi sekitar 183.831 ton Gabah Kering Panen (GKP), atau setara sekitar 153.263 ton GKG atau setara dengan 98.119 ton beras, sedangkan untuk musim panen padi bulan Mei seluas 6.616 ha dengan produksi sekitar 44.209 ton Gabah Kering Panen (GKP) atau setara dengan 36.862 ton GKG apabila dikonversi menjadi beras sekitar 23.559 ton beras.

Peran dari Pemkab Brebes yang dilakukan untuk mengantisipasi naiknya biaya produksi budidaya pertanian pada sisi on farm adalah dengan melakukan peningkatan infrastruktur pertanian, antara lain pembangunan jalan usaha tani, irigasi air tanah dangkal. Pembangunan/rehabilitasi jalan usaha tani bermanfaat untuk memudahkan mobilitas alat mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi pertanian, dan hasil produksi pertanian ke lahan pertanian. 

“Kabupaten Brebes sebagai salah satu penyuplai kebutuhan beras nasional. diperkirakan 2 bulan kedepan stok beras surplus, sehingga kebutuhan pada saat bulan ramadhan dan lebaran aman serta mendukung ketersediaan pangan”, pungkas Yulia Hendrawati, Kepala DPKP Kab. Brebes.

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com