Selamat Datang!

Bupati Tegal Berikan 13 Anugerah Festival Film Tegal Terpilih 2023

 


SLAWI (ranahpesisir.com)- Malam Puncak Penganugerahan Festival Film Tegal (FFT) yang ke empat kalinya memberikan penghargaan kepada 13 peserta terpilih yang diserahkan langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah, berlangsung di Gedung Dadali, Sabtu 14 Oktober 2023.

Bupati Tegal memberikan apresiasi penyelenggaraan FFT sebagai ajang untuk melahirkan sineas berbakat dibidang perfilman. Sebuah ajang kompetensi bergengsi di wilayah pantura untuk menyeleksi film dari karya sineas-sineas bertalenta.

“Film bisa dijadikan sarana Pendidikan karakter dan pembelajaran,” kata Umi Azizah.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal Nurhayati dalam laporannya menyampaikan bahwa pergelaran FFT yang telah terselenggara untuk keempat kalinya ditahun 2023 yang bekerjasama dengan Sineas Pantura.


“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Tegal bagi para penggiat film di Kabupaten Tegal bahkan kabupaten/kota sekitarnya, memberikan wadah bagi para sineas-sineas muda berbakat di bidang perfilman sekaligus untuk lebih membangkitkan sub sektor industri kreatif lainnya,” kata Nurhayati.

Malam Anugerah FFT ini adalah puncak dari rangkaian acara yang diawali dengan kelas kreatif sekaligus pembukaan FFT 2023 secara virtual oleh Bupati Tegal 27 Agustus 2023 lalu, dengan menghadirkan narasumber sutradara film Ginanti Rona dan penulis skenario Lailanurazizah.

Rangkaian acara selanjutnya pendaftaran peserta FFT yang dibuka 3 Agustus hingga 22 September 2023, dengan jumlah pendaftar yang mengikuti FFT sejumlah 29 film. Rinciannya, film pelajar 10, film umum 16, dan film animasi sebanyak 3. "Dari 29 film tersebut berasal dari Kabupaten Tegal 15 film, Kota Tegal 5 film, Kabupaten Brebes 8 film, dan Kabupaten Pemalang 1 film."

Agenda pemilihan film favorit dilakukan di Gedung Dadali pada 8 Oktober 2023, yang turut dihadiri penggiat film Purbalingga. Sempat pula digelar diskusi dengan penggiat film di Kabupaten Tegal, serta sharing dan berbagi informasi tentang festival film. 


Sementara itu untuk pemilihan 5 pemenang FFT 2023 dipilih oleh dewan juri profesional di bidangnya. Seperti Achmad Romie (sutradara), Kelvin Nugroho (editor film), dan Ginanti Rona (sutradara).

Pemenang penghargaan festival film Tegal 2023, kategori Film Fiksi Pelajar Terpilih diraih oleh film dengan judul Angka Kematian dari SMK N 2 Adiwerna, Film Fiksi Umum Terpilih dengan judul Tabah dari  Desa Sinema Kepunduhan, Film Animasi Terpilih dengan judul Monster Miopi dari Fourvertex Production, kategori Design Poster Terpilih dengan judul Juara Gulat dari XYZ Design. 

Kategori Ide Cerita Terpilih Pelajar dengan judul Angka Kematian dari SMK N 2 Adiwerna, Ide Cerita Terpilih Umum dengan judul Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan. Muhammad Ali, Pemain Utama Terpilih Pelajar dengan judul Seragam dari SMA N 5 Tegal, Pemain Utama Terpilih Umum dengan judul Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan .

Sementara itu untuk pemenang Sutradara Terpilih Pelajar film dengan judul Angka Kematian dari SMK N 2 Adiwerna, Sutradara Terpilih Umum dengan judul Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan,  Penata Kamera Terpilih dengan judul Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan, Penata Suara Terpilih dengan judul Tabah dari Desa Sinema Kepunduhan dan pemenang kategori Film Terfavorit Pilihan Penonton diraih oleh film dengan judul Hana Tatak Mahameru dari SUPM Tegal yang merain 67 suara. (D)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com