Selamat Datang!

Gelar ASMAS, Dewi Aryani Undang Penggiat UKM dan Sosial


Slawi (ranahpesisir.com)
- Dr. Dewi Aryani, M.Si Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, hari ini Minggu 15 Oktober 2023 menggelar kegiatan Asmas (Aspirasi Masyarakat) Kajian MPR RI, bertempat di Rumah Aspirasi HD di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Acara dihadiri tak kurang dari 150 orang, diantaranya datang dari kalangan penggiat sosial, UKM hingga koperasi dari Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kota Tegal.


Dengan mengusung tema "Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan, Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa DeAr ini mendorong masyarakat untuk terus semangat membangun kekuatan, kemandirian ekonomi melalui program-program ekonomi kerakyatan, diantaranya toko sembako desa hingga toko pertanian desa.


DeAr mengatakan, Ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas dasar kekeluargaan. 


Konvensi ILO (International Labour Organization) yang ke-169 pada tahun 1989 lalu mendefinisikan ekonomi kerakyatan sebagai sistem ekonomi tradisional yang menjadi fondasi bagi kehidupan masyarakat lokal dalam mempertahankan kehidupannya.


Pengertian tersebut dikembangkan berdasarkan pada keterampilan dan pengetahuan masyarakat lokal dalam mengelola penghidupan serta lingkungannya," terang legislator Senayan 3 periode dari Dapil IX Jateng.


Sementara, lanjut DeAr jika merujuk pada Pasal 33 UUD 1945, ekonomi kerakyatan dimaknai sebagai sebuah sistem perekonomian yang bertujuan untuk merealisasikan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi. Dari kedua definisi di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa inti dari sistem ekonomi kerakyatan adalah terletak pada tujuan kedaulatan rakyat," ujarnya. (G)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com