Selamat Datang!

Masyarakat Antusias Sambut Jokowi Di Brebes


Brebes (ranahpesisir.com)
Ribuan Warga masyarakat Kabupaten Brebes dengan semangat dan riang gembira, menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) yang akan meresmikan jembatan Kali Pemali Brebes sisi utara yang selesai diperbaiki, Rabu (3/1/2023) sore. Warga sudah menanti kedatangan beliau sejak pukul 13.00 WIB berjajar di sepanjang jalan Pangeran diponegoro hingga Jembatan Pemali. Meskipun mereka tidak bisa berada di lingkaran satu (Ring 1) tetapi mereka tetap antusias menanti di sepanjang jalan.   


“Saya juga turut gembira, masyarakat dengan senang hati menanti kedatangan Pak Presiden,” ujar Pj Bupati Iwanuddin Iskandar sambil menyemangati warga masyarakat yang kepanasan, di sisi timur jembatan Pemali.


Ribuan warga Brebes antusias menunggu kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Mereka menunggu sejak pukul 13.00 Wib sudah memadati lokasi tempat peresmian Jembatan Sungai Pemali B. Meski kondisinya panas, tetapi warga tetap bersemangat menunggu Jokowi hadir di kabupaten Brebes.


Presiden tiba di Brebes, sekitar pukul 16.15 WIB, dengan jalur darat menggunakan kendaraan Indonesia 1 dan langsung disambut oleh Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH M Hum beserta jajaran Forkopimda. Jokowi meresmikan Jembatan Sungai Pemali ditandai dengan penekanan tombol sirine, dan penandatanganan prastasti.


Selain meresmikan Jembatan Sungai Pemali B, ada 5 jembatan lain yang juga ada di Jawa Tengah turut diresmikan. Yakni, Jembatan Pedes di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto 2A di Kabupaten Demak, Jembatan Juwana 1A di Kabupaten Pati dan Jembatan Pang 1A di Kabupaten Rembang.


Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, pada lintas selatan telah diresmikan 3 jembatan, sore ini di lintas utara diresmikan 6 jembatan sebagai pengganti jembatan yang sudah lebih dari 40 tahun usia layanannya.


Kondisinya memang sudah tidak layak, dan karena beban berat yang setiap hari melintas jembatan-jembatan itu perlu pengganti baru. Sehingga bebannya lebih baik, dan mobilitas orang, barang dan logistik berjalan lebih cepat di atasnya.


"Pada sore hari ini, dengan mengucap Bismilahirohmanirrahim, Jembatan Pemali Brebes di Kabupaten Brebes, Jembatan Pedes di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Semarang, Jembatan Wonokerto 2A di Kabupaten Demak, Jembatan Juwana 1A di Kabupaten Pati dan Jembatan Pang 1A di Kabupaten Rembang, dengan ini saya resmikan untuk bisa digunakan," ucap Jokowi.


Usai meresmikan Jembatan Sungai Pemali B, Jokowi yang didampingi PJ Bupati Brebes Iwaniddin Iskandar, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Menteri PUPR serta pejabat lainnya menyempatkan diri mengecek hasil pembangunan jembatan, dan menyapa warga Brebes yang telah lama menanti kedatangannya. Bahkan, Presiden juga menyempatkan diri membagian kaos serta buku kepada masyakarat.


Seperti diketahui, Jembatan Sungai Pemali diperbaiki total sejak Juli tahun 2022 lalu, dan direncanakan selesai pada bulan April tahun 2023. Namun pekerjaannya baru selesai pada November 2023, sehingga molor hingga 7 bulan.


Dalam perbaikan itu, konstruksi jembatan ditinggikan hingga 1,5 meter. Tujuannya, agar gelagar jembatan tidak menyentuh debit air sungai saat banjir.(G) 

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com