Selamat Datang!

Pj Gubernur Jateng Kunjungi KPU Brebes, Apresiasi Kesiapan Pemilu


Brebes (ranahpesisir.com)
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana mengapresiasi kesiapan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena dari kesiapan logistik, personalia, hingga keamanan serta pihak-pihak terkait sudah matang. Untuk itu perlu dukungan semua pihak demi kelancanaran dan kesuksesan pemulu 2024.


“Kami berada di kantor KPU Kabupaten Brebes, sekalian kunjungan kerja dan juga melihat bagaimana kesiapan dari KPU Brebes, untuk mendapatkan kejelasan dari Ketua KPU,” tutur Nana Sudjana kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).


Masalah logistik, kata Nana, logistik yang sudah masuk di KPU Brebes sudah menerima 90 persen tinggal menunggu yang 10 persen lagi dalam beberapa hari kedepan sudah tercukupi. Logistik sudah sangat baik dan sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan dan kemudian dilengkapi dengan pengamatan melalui CCTV. Juga keamanan dari pihak kepolisian dan aparat TNI juga siap siaga. 


“Kabupaten Brebes wilayahnya sangat luas dan penduduknya mencapai 2 juta jiwa, maka DPT nya cukup besar. 


Di Brebes juga ada TPS yang terpencil dari 6.291 TPS. Tentunya KPPS sudah siap dan sudah dilantik semua demikian halnya dengan linmas. Jumlah linmas 2 tiap TPS ada sekitar 12.500 personil. Mereka tengah menjalani pelatihan sebagai anggota linmas. 


Masalah sekretariat, lanjutnya, selama ini koordinasi berjalan lancar antara KPU, anggota TNI, Polri dengan bupati dan Pemkab dan unsur terkait lainnya. “Mereka sudah siap melayani masyarakat untuk melaksanakan pemungutan suara,” tandasnya. 


Untuk itu, Nana menghimbau kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu untuk terus menjalin kekompakan dan semuanya harus terlibat. Terlibat dalam mensuksekan pemilu 2024 ini, jadi baik itu Pemkab kemudian TNI, Polri, Kejaksaan, dan Hakim dan lainnya semuanya harus sinergi. 


Nana juga menghimbau agar KPU memberi pelatihan pencoblosan kepada Masyarakat supaya masyarakat pada hari H-nya bisa mengikuti pencoblosan dengan baik. Pihaknya, mendengar masih banyak yang belum tahu proses untuk pemungutan suara. 

Intinya masalah stabilitas politik, stabilitas keamanan ini harus betul-betul dijaga. Mendekati pemungutan suara suhu politiknya kan akan semakin memanas. 


“Nah ini saya minta betul-betul masyarakat jangan sampai mudah terprovokasi dan mudah termakan berita hoax, harus di cari sumber yang lainnya. Jangan hanya percaya dengan berita-berita yang ada di media sosial saja. Medsos juga semakin ramai, tapi kita upayakan agar masyarakat tetap damai dan nyaman,” pungkasnya.


Ketua KPU Brebes Manja Lestari Damanik menjelaskan, dalam Pemilu 2024 Kabupaten Brebes memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.511.717 pemilih. Mereka akan memilih di Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di 6.291 TPS. Adapun Kelompokk Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 44.037 orang dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 891 orang. 


Manja mengaku gembira dikunjungi Pj Gubernur karena suatu kehormatan yang luar biasa. Di sela-sela kesibukan beliau tetap hadir ditengah-tengah kita untuk memastikan logistik Pemilu dan sudah smpai dimana tahapannya.


“Alhamdulillah, kami bangga dan terharu mendapat kunjungan dari Pj Gubernur, semoga menambah semangat bagi kami untuk mensukseskan Pemilu 2024,” tutur Manja. 


Manja Lestari Damanik Selaku Ketua KPU Kab Brebes menjelaskan bahwa logistik sudah 90 persen, Pemda dan stakeholder terkait sangat membantu sekali. Terkait pengamanan dan keamanan gudang, ada beberapa hal kekhawatiran saat penjagaan logistik yaitu curah hujan yang sudah mulai sering turun. Untuk pengamanan sudah ada CCTV dan aparat kepolisian dan TNI menjaganya secara bergiliran. (G) 

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com