Selamat Datang!

Beberapa Tahun Libur, Kini MTQ Tingkat Kabupaten Tegal Mulai Mengintegrasikan dengan Teknologi Digital


SLAWI (ranahpesisir.com)
- Setelah libur beberapa tahun, Kementerian Agama Kabupaten Tegal gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) tingkat Kabupaten, Sabtu (02/03/2024) di Pendopo Amangkurat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud menegaskan bahwa MTQ ini semata-mata bukan ajang kompetensi membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an, tetapi sebagai sarana membangun mentalitas serta spiritualitas yang tercermin lewat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an. 

“Melalui kegiatan MTQ ini bisa menjadi ajang silaturahmi atau sarana untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, sekaligus media untuk menunjukkan Islam itu indah dan damai,” kata Amir.

Dia menambahkan, di era keterbukaan informasi seperti saat ini, peran para ulama, ustad, santri dan qori  sangat penting agar selalu mengamalkan keilmuannya, menanamkan budi pekeri bagi kemaslahatan umat, keutuhan bangsa dan negara .

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tegal M. Aqsho dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ajang seleksi di tingkat  Kabupaten  yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi Jawa Tengah pada  tanggal 25 sampai 29 April 2024 di Kabupaten Pati.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat 82 orang sebagai dewan juri dan panitera dari tenaga professional dan praktisi.

“Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024 serta diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari 16 cabang” ungkap Aqsho.

Aqsho juga menambahkan bahwa sehubungan dengan program smart city, MTQ tahun ini mulai mengintegrasikan teknologi untuk pengelolaannya mulai dari sistem pendaftaran, penjurian hingga penilaian.

Adapun 16 cabang dalam pelaksanaa MTQ terdiri dari cabang Tartil, Murottal Remaja, Murottal Dewasa, Tilawah Anak-Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Tahfid Quran 1 Juz & Tilawah, Tahfid Quran 5 Juz & Tilawah, Tahfid Quran 10 Juz & Tilawah, Tahfid Quran 20 Juz & Tilawah, Tahfid Quran 30 Juz & Tilawah, Fahmil Quran beregu, Syarh Al Quran beregu, Kaligrafi Al Quran-Naskah, Kaligrafi Hiasan Mushaf dan Kaligrafi Dekorasi Mushaf.(G) 

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com