Selamat Datang!

Djoko: Lomba Cipta Menu Tingkatkan Kualitas Pangan Lokal


Brebes (ranahpesisir.com)
Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Perhelatan ini terselenggara atas kerjasama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten dengan Pemkab Brebes, di Pendopo Bupati Brebes, Kamis (7/3/2024).


“Guna mendorong percepatan penganekaragaman pangan, maka perlu dilakukan secara fokus baik di sisi hulu maupun hilir. Sejalan dengan itu, dilaksanakan berbagai program diantaranya berupa promosi olahan pangan lokal dan penerapan pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) melalui lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal,” ujar Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT saat membuka lomba.


Dalam lomba yang diikuti 17 perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Brebes itu, diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik, citarasa tinggi, dan bernilai gizi. Namun, nilai komersialnya juga menjadi perhatian alias ada nilai ekonomi yang diperoleh. Hal ini sangat beralasan, agar pemanfaatan pangan lokal dapat terus berkelanjutan. 





Menurut Djoko, dengan mengonsumsi makanan sehari-hari yang beranekaragam, kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh keunggulan susunan zat gizi jenis makanan lainnya. Sehingga diperoleh asupan gizi yang seimbang. 


Terlebih, lanjut Djoko, angka stunting di Brebes masih cukup tinggi, sehingga produk pangan lokal bergizi akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Melalui lomba ini diyakini juga mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang. 

 

Kepala DPKP Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati MSi menyampaikan, Lomba B2SA bertujuan untuk menangani permasalahan gizi agar stunting Brebes bisa teratasi. Melalui peningkatan kualitas konsumsi pangan yang B2SA berbasis sumberdaya local juga mendukung pencegahan pemborosan pangan karena penyediaan makanannya sesuai porsi. 


“Atas kreativitas dan inovasi potensi olahan pangan lokal akan mengurangi ketergantungan konsumsi beras dan terigu bagi masyarakat,” terang Yulia. 


Setelah melalui penjurian yang ketat, akhirnya dipilih pemenang lomba B2SA Tahun 2024 berbasis Sumberdaya pangan lokal sebagai Juara 1 PKK Kec Songgom, Juara 2 PKK Kec Brebes, Juara 3 PKK Kec Sirampog. Sedangkan juara Harapan 1 PKK Kec Tanjung, Harapan 2 PKK Kec Banjarharjo dan Harapan 3 PKK Kec Bulakamba.


“Pemenang juara 1 akan diikut sertakan dalam serupa tinggkat Provinsi Jawa Tengah dan akan diberikan pelatihan agara dapat meningkatkan kreativitas dan kualtas olahan dan komposisi olahan yang seimbang dan bergizi,” pungkas Yulia.(G) 

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com