Selamat Datang!

KPK: MCP di Brebes Naik


Brebes (ranahpesisir.com)
PIC Tim Satgas Korsub wilayah III KPK Azril Zah menyebutkan, di Kabupaten Brebes perlu perbaikan perbaikan kinerja. karena secara over all  Monitoring  Center for Prevention (MCP) dan Survei Penilaian Integritas (SPI) lumayan bagus. MCP nya ada kenaikan dari 91 ke 92, tapi SPI posisinya waspada, sehingga sedikit  ada penurunan di SPI.


Demikian disampaikan Azril Zah saat Rakor Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Brebes di lantai 5 gedung KPT Brebes (26/3/2024)


Azril mengaku akan fokus melakukan perbaikan terkait dengan pengadaan barang dan jasa (PBJ). Karena di awal tahun dan kasus yang ada di daerah itu paling ada 3 saja kasus/bagian yang terkait yakni PBJ, perijinan dan jual beli jabatan. 



"Tidak jauh dari itu, hanya itu yang selalu terjadi di daerah dan KPK terutama Korsub pencegahan kita ditargetkan oleh pimpinan supaya tidak terjadi korupsi di daerah kami Jawa Tengah," ungkap Azril.



Dia mencontohkan, pada saat terjadi tindak korupsi di Jawa Tengah kinerja kami langsung turun.  Seperti du tahun yang lalu di Pemalang terjadi, kinerja kita dipotong.



Koordinasi supervisi pencegahan itu menjadi finalti buat kita bukan presentasi jadi dikurangi nilai kinerjanya, makanya kami sangat berkepentingan untuk wilayah kami Kabupaten Brebes supaya tidak terjadi gimana caranya. 


"Caranya kita melakukan upaya pencegahan dari awalnya terjadinya, bukan melakukan pencegahan OTT," tandas Azril.


Pada saat ada suatu tata kelola yang belum sesuai, kita lakukan pencegahan. Jadi lebih banyak diskusi, jangan satu arah tapi dua arah karena berharap apa permasalahan yang ada disini kita ingin ada solusinya nanti. 



"Sampaikan apa saja yang terjadi di kabupaten Brebes. Kalau kita bisa memberikan solusi kita berikan," ajaknya. 


Hari ini Tim fokus pada delapan area perbaikan di daerah yaitu Perencanaan APBD, Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan dan Pelayanan Publik, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah dan Pengelolaan Barang Milik Daerah. 


PJ Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum mengucapkan terimakasih kepada KPK terutama Korsub pencegahan yang telah memfasilitasi  pemerintahan daerah. Dan Alhamdulillah hari ini di Kabupaten Brebes yang diakui memang ada delapan area yang sangat rentan di semua pemerintah daerah manapun. 


Iwan mengaku untuk saat ini Brebes cukup baik SPI dan MCP nya. Tetapi dia perlu mengingatkan Kepala OPD, BLUD dan Camat bahwa kegiatan ini sangat bagus karen ada beberapa catatan untuk pengadaan barang sudah kita tertibkan. Kemudian untuk perijinan akan dikuatkan kembali dan untuk penerimaan atau jabatan-jabatan akan menggunakan sistem 3 hal tersebut.(G) 

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com