Selamat Datang!

Angkatan 54 SUPM Negeri Tegal Diwisuda


Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi hadiri wisuda angkatan 54 SUPM Negeri Tegal/foto: istimewa

TEGAL- Pemerintah Kota Tegal terus mendorong inisiatif sekolah kejuruan untuk lebih mengembangkan potensi yang dimiliki, termasuk di dalamnya mempersiapkan anak-anak agar dapat merebut kesempatan didunia kerja.

Hal itu disampaikan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, dalam acara Wisuda Peserta Didik SUPM Negeri Tegal Angkatan 54 tahun pelajaran 2018/2019, di Aula SUPM Negeri Tegal, Rabu (12/6/2019).

Ia merasa bangga atas keberhasilan SUPM Negeri Tegal selama ini, para lulusannya telah mampu berkiprah di dunia kerja, baik nasional maupun internasional dan bahkan ada siswa yang mampu berkiprah di kapal-kapal asing dan perusahaan asing.

Saat ini, lanjut Jumadi, kebutuhan tenaga kerja bidang maritim di dunia sangat besar, yakni mencapai 320 ribu per tahun. Kondisi ini tentunya merupakan peluang untuk penyiapan tenaga kerja bidang maritim. Hanya saja sejauh ini, Indonesia baru mampu menyediakan tenaga kerja bidang maritim (pelaut) sekitar 10 persen, selebihnya dipasok dari negera China, India, Bangladesh, Pakistan, Filipina dan Afrika.

“Kita harus bisa merebut peluang ini, karena di Kota Tegal ada beberapa sekolah pelayaran/ kebaharian. Saya berharap kepada pengelola SUPM Negeri Tegal agar memaksimalkan upaya pengembangan sumber daya yang ada, sehingga siswa-siswi yang menempuh pendidikan di sini dapat menjadi sumber daya manusia yang tangguh, disiplin dan professional,’’ terangnya.

Dikemukakan, Indonesia merupakan negara bahari yang memiliki wilayah laut yang begitu luas, begitupun dengan Kota Tegal adalah kota maritim, sehingga wajar jika kemudian di Kota Tegal ini penguatan pendidikan perikanan dan kelautan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

“Kita berharap, jangan sampai sekolah kelautan/pelayaran juga mengalami nasib yang hampir sama seperti sekolah pertanian yang mulai tidak dilirik oleh anak-anak muda. Oleh karena itu, keberpihakan pemerintah daerah terhadap pembangunan perikanan dan kelautan kita dorong sekuat tenaga, agar peluang kerja di bidang maritim terbuka lebar di negeri sendiri,” tegasnya.

Sementara, Kepala SUPM Negeri Tegal, Maskuri melaporkan bahwa kelulusan angkatan ke-54 berjumlah 162 peserta didik, maka jumlah lulusan SUPM Tegal dari angkatan 1 hingga angkatan ke-54 seluruhnya berjumlah 5.623 peserta didik.

Para wisudawan yang saat ini diwisuda, selain telah selesai melaksanakan ujian nasional Kemendiknas, sebelumnya mereka juga telah melaksanakan ujian sertifikasi kompetensi sesuai program keahliannya masing-masing dengan memperoleh sertifikat keahlian dan ketrampilan.

“Kami untuk membantu menyalurkan lulusan SUPM Negeri Tegal, telah melakukan kerja sama dengan pihak dunia usaha dan dunia industri perikanan di dalam maupun di luar negeri. Pihak-pihak tersebut telah melakukan seleksi untuk merekrut siswa SUPM Negeri Tegal dalam program pemagangan,’ pungkasnya.

Dari 162 siswa yang diwisuda, 142 orang (87,65%) telah terserap di dunia usaha dan industri perikanan di dalam dan di luar negeri. Sebanyak 20 orang (12,35%) mengikuti seleksi pendidikan di beberapa perguruan tinggi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pusat Riset Perikan Waluyo Sejati A, Ibu peserta didik SUPM Negeri Tegal Hj Roro Kusnabillah Dedy Yon Supriyono, dan beberapa pejabat terkait.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com