Bupati Adakan Pembinaan Tenaga Pendamping Profesional Desa

 


Slawi (ranahpesisir.com) – Bupati Tegal Umi Azizah mengadakan pembinaan terhadap Tenaga Pendamping Profesional Desa di ruang pertemuan gedung PMI Kabupaten Tegal pada, Rabu (3/5/2023) pagi.


Acara tersebut dihadiri 118 Pendamping Profesional Desa se Kabupaten Tegal. Pendamping Profesional Desa adalah sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.


Dalam pembinaannya, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan bahwa kehadiran Pendamping Profesional Desa bertujuan untuk menjadi agen perubahan nilai-nilai baik yang hampir terkikis. Upaya yang diharapkan yaitu dengan terlibatnya Pendamping Profesional Desa, dapat membangkitkan kembali, mencetak dan menumbuhkan orang-orang desa untuk ikut serta terlibat dan berpartisipasi dalam membangun desa.


“ Karena sesungguhnya nilai khas orang desa ini kan keswadayaan gotong royong dan kepekaan jiwa sosial. Sehingga penting untuk menggugah semangat perangkat desa dan warga agar ego pribadi itu dikesampingkan. Utamakan kepentingan umum, kepentingan masyarakat, terutama dalam hal pemanfaatan dana desa,” tutur Umi.


Umi menegaskan bahwa penting bagi Pendamping Profesional Desa memiliki kepercayaan diri. Untuk memilikinya, tentu sebagai Pendamping Profesional Desa perlu meningkatkan kapasitas diri dalam melaksanakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan cara mencari tahu dan belajar banyak tentang regulasi yang ada. Sebab sebagai Pendamping Profesional Desa tentu harus lebih tahu daripada yang didampingi.


“ Pendamping desa itu semangat belajarnya harus tinggi. Peningkatan kapasitas harus panjenengan lakukan semuanya agar selalu update informasi, update masalah dan solusi yang perlu disampaikan ke pemerintah desa dampingan panjenengan. Jika dapat melakukan itu maka pendamping desa selalu dibutuhkan oleh mereka,” pungkasnya. (G)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru