Jelang Idhul Adha, DPKP Brebes Gelar GPM

 


Brebes (ranahpesisir.com) Menjelang Idhul Adha 1444 Hijriyah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Diharapkan, masyarakat bisa menikmati harga yang murah sehingga terbantu memenuhi kebutuhan di hari raya kurban 2023. 

Demikian disampaikan Kepala DPKP Ir Yulia Hendrawati MSi disela GPM, di halaman kantor setempat, Senin (26/6/23).

Yulia menjelaskan, selain di Brebes GPM digelar serentak di 300 Kabupaten/Kota se Indonesia dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada 341 titik seluruh Indonesia yang dibuka Kepala Badan Pangan Nasional/National food Agency (NFA,) Arief Prasetyo Adi ST MT melalui Zoom Meeting.

Kata Yulia, GPM bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan harga yang biasanya terjadi menjelang hari raya Idul Adha 1444 H. Juga memastikan ketersediaan pangan di Indonesia khususnya untuk masyarakat 

GPM menggandeng Bulog yang menyediakan 500 paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula, 1 liter minyak goreng. Selanjutnay dari PPI menyediakan minyak goreng dan gula, ada bawang merah 300 kg, bawang putih 200 kg, dan telur 200 kg, ada juga partisipasi dari kelompok tani sebanyak 2 ton beras. 

Salah seorang pembeli Wakiyem (55) mengaku senang dengan digelarnya Gerakan Pangan Murah sangat membantu dirinya untuk memenuhi bahan pokok dibawah harga pasar. Wakiyem berharap, kegiatan semacam ini bisa dibuka setiap saat, sehingga bisa menolong keluarga yang kurang mampu untuk mendapatkan bahan pangan yang murah. 

“Tolong, kalau bisa kegiatan pasar mudah ini bisa digelar sebulan atau dua minggu sekali, kami yang kurang mampu bisa mendapatkan harga bahan pangan yang murah,” harapnya.

Turut meninjau kegiatan, antara lain Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Ashari BAE ST MT, Danramil Brebes, Kapolsek Brebes, Wakil Kepala Perum Bulog cabang Pekalongan.(G)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru