Ratiban, Persembahkan 50 tumpeng Wujud Rasa Syukur


Brebes (ranahpesisir.com)
Sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rejeki yang diberikan Allah SWT, ribuan warga masyarakat Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes menggelar Kirab Budaya Ratiban. Sebanyak 50 tumpeng diarak dan dikmati bersama sebagai wujud rasa syukur yang dipusatkan di Kawasan Obyek Wisata Telaga Ranjeng Kaligua, Pandansari Paguyangan, Jumat ( 28/7 ).


“Dalam tradisi Kirab budaya Ratiban tersebut, sebanyak 50 tumpeng di arak sepanjang 1 km dari halaman Kantor Balai Desa Pandansari menuju Kawasan Obyek Wisata Telaga Ranjeng,” tutur Kepala Desa (Kades) Pandansari Irwan Susanto ST di sela kegiatan.


Kata Irwan, Ratiban merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan setiap tahun oleh warga Masyarakat Desa Pandansari.


Ribuan masyarakat yang mengikuti mengiringi pawai tumpeng tersebut melintasi indahnya pemandangan alam lereng Gunung Slamet. Setibanya di lokasi Telaga Ranjeng disambut tarian Lengger Jaipong yang di iringi gandingan khas pegunungan.


Irwan juga menuturkan, dalam tradisi Ratiban berbagai kegiatan dilakukan sebagai rasa syukur atas anugrah dari Tuhan yang telah diberikan kepada masyarakat Pandansari. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan pembuatan aneka tumpeng dari hasil pertanian masyarakat, serta menampilkan berbagai kesenian tradisional yang ada di Desa Pandansari.


“Kebudayaan Ratiban juga merupakan esensi dari kegotong-royongan, keguyuban warga masyarakat, maka dari itu kedepan kegiatan tersebut akan tetap dilestarikan dan terus diuri-uri,” ungkap Irwan.


Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH yang di Wakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes Rofieq Qoidul Adzam mengapresiasi atas suksesnya tradisi Ratiban.  Dia berharap tradisi ini mampu mempererat kerukunan dan keguyuban Masyarakat Pandansari. Dan semoga bisa menjadi event skala nasional sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor pariwisata Telaga Ranjeng dan Kaligua. Apalagi saat ini Pemkab Brebes sedang mendorong Kawasan obyek wisata Kaligua menjadi Kawasan Segitiga Emas Pariwisata yang nantinya terhubung antara obyek wisata Guci Tegal, dan Baturaden Purwokerto Banyumas.


“Untuk menarik wisatawan datang ke Kaligua, akses jalan menuju lokasi sedang dilakukan peningkatan kualitas jalan dengan tolal anggaran lebih dari Rp 19 miliar,” ungkap Rofieq.


Ratiban mendapat sambutan hangat dari berbagai daerah dan kalangan. Tampak hadir dan tokoh nasioanal seperti Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Agung Widyantoro SH MSI, Anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi PKB Fuad Hidayat, Anggota DPRD Kab. Brebes Fraksi PKB H Ahmad Zamroni, tokoh pemuda Brebes Ferry Anggrianto dan calon anggota DPRD Kab Brebes dari Partai PDIP, Camat Paguyangan dan ribuan warga masyarakat paguyangan.(G)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru