Pj. Sekda Launching Laboratorium Klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah Kota Tegal


TEGAL (ranahpesisir.com)
- RSUD Kardinah Kota Tegal meresmikan Laboratorium Klinik Gawe Seneng sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Acara Lauching Laboratorium Klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah diresmikan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal, drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M. pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023.


Laboratorium Klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah melayani pasien umum dan berlokasi berada satu area dengan Laboratorium PCR Drive Thru, Jalan AIP KS.Tubun Nomor  4 Tegal. 


Laboratorium Klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah Kota Tegal hadir dengan pelayanan:

Laboratorium Klinik dengan peralatan yang lengkap, canggih dan mampu menganalisa secara otomatis (auto analyser), SDM yang professional (Dokter Spesialis Patologi Klinik dan 18 orang Pranata Laboratorium) mampu menghasilkan pemeriksaan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Keluaran hasil pemeriksaan laboratorium dengan akurasi tinggi sangat berguna bagi ketepatan diagnose dan menentukan tindakan lanjutan yang tepat, bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan atau tindakan medis.


Laboratorium Mikrobiologi


Laboratorium Mikrobiologi adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pemeriksaan spesimen klinik khususnya bakteri, jamur dan virus untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnostic penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Pemeriksaan Laboratorium Mikrobiologi ini meliputi pemeriksaan mikroskopik, kultur, identifikasi bakteri, jamur, virus dan uji kepekaan antibiotic.


Laboratorium Patologi Anatomi


Patologi Anatomi merupakan cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan penegakan diagnosis suatu penyakit, melalui pemeriksaan berupa cairan dan jaringan organ yang didapat dari bipsi jarum halus, biopsy atau operasi.


Jenis-jenis Pemeriksaan Patologi Anatomi:

Pemeriksaan Makroskopis, Pemeriksaan jaringan yang sakit dengan melihat secara langsung (cara visual) dan akan dipilih jaringan yang akan diperiksa. Pemeriksaan Mikroskopis, Pemeriksaan jaringan yang telah diwarnai dengan teknik Histopatologis dan dilihat dengan menggunakan mikroskop. Imunoshistokimia, Pemeriksaan yang menggunakan antibody sebagai alat bantu untuk menentukan terapi yang paling tepat. Sito Patologi, Pemeriksaan dari sel-sel lepas yang berasal dari cairan tubuh, diwarnai pada slide dengan teknik Sitologi

Radiologi. Radiologi sebagai sarana penunjang medis diagnostic yang begitu vital dalam membantu menegakkan diagnosa.


Jenis-jenis Pemeriksaan Radiologi: Radiografi Non Kontras (Thorax, Extremitas, Cranium, Panoramic, Abdomen, Vertebrae, Mammografi)

USG 4 D (Tyroid, Mammae, Musculuscelestal, Vascular, Prostat)

CT Scan Non Kontras (Head, Mastoid, SPN, Vertebrae, Thorax, Abdomen, Extremitas)

CT Scan Dengan Kontras (Head, Angiografi, SPN, Thorax, Urugrafi, Abdomen). Pemeriksaan Radiografi dengan Kontras Traktus Urinarius (IVP, Uretrografi, Uretrocystografi, RFG, APG, HSG) Traktus Digestivus (Bariu Meal, OMD/MD, Oesopagogram, Collon In Loop, Lapografi).


Sarana Pendukung:

X-RAY Mammografi

X-RAY Panoramic

X-RAY Konvensional 

X-RAY Digital Radiografi.


Laboratorium klinik Gawe Seneng RSUD Kardinah Kota Tegal, Buka hari Senin - Sabtu pukul 07-00 - 21.00 WIB.


Penerimaan sampel pukul 20.00 WIB, Hari Minggu dan Hari Libur Nasional tutup. 


Acara launching ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan pemecahan kendi dan pengguntingan pita oleh Pj Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M. (G)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru