Dear Ajak Ratusan Jukir Tegal Lakukan Germas


 Tegal (ranahpesisir.com)- Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dr. Dewi Aryani, M.Si mengajak ratusan juru parkir di Kabupaten Tegal untuk melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Hal itu disampaikannya saat menggelar acara bersama BKKBN Provinsi Jawa Tengah di Gedung MWC NU Adiwerna Kabupaten Tegal, Senin 16 Oktober 2023.

Acara yang dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Kades Adiwerna terpilih, dan 600 orang juru parkir se-Kabupaten Tegal juga diisi dengan kegiatan cukur gratis.

Menurut Dewi ada berbagai cara untuk melakukan hidup sehat diantaranya melakukan aktivitas yang berkeringat secara teratur minimal 30 menit setiap hari. Gunanya untuk mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh. Toksin adalah sebuah zat beracun yang diproduksi di dalam sel atau organisme hidup. Dan yang kedua, mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, harus banyak asupan sayur dan buah, perbanyak mengkonsumsi air putih, serta rutin memeriksakan kesehatan.

Dewi mengatakan, "Hari ini yang berbahaya adalah penyakit yang tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, gangguan pernapasan kronis, penyakit ginjal, dan gangguan mental. Penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak apa pun. Meski begitu, penyakit ini sebaiknya tidak dianggap sepele, karena beberapa jenis penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian tertinggi," ujarnya.

Berkaitan dengan rohaniah, Dewi meminta agar ibadah jangan sampai ditinggalkan. Menurutnya ibadah atau sholat itu menurunkan pikiran kita yang jelek-jelek menjadi jernih dan bersih," pungkasnya.

Sementara acara dilanjutkan dengan penandatanganan Lembar Komitmen, yang berisi : Mendukung pembudayaan Germas dengan selalu melakukan perilaku sehat, Mendukung percepatan penurunan stunting, Mendukung pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), Tetap patuh protokol kesehatan dan melengkapi vaksin Covid-19, Menjadi agen perubahan melalui penyebarluasan informasi kesehatan untuk melindungi keluarga dan masyarakat dari masalah kesehatan. (G)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru