Gelar Wayang Kulit, Ajak Masyarakat Gempur Rokok Ilegal


 Brebes (ranahpesisir.com) Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes menggelar Wayang Kulit sebagai upaya mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang rokok ilegal. Karena ditengarai masih banyak beredar di tengah-tengah masyarakat rokok ilegal yang merugikan negara, dan masyarakat itu sendiri. Diharapkan dengan pertunjukan wayang, informasi tentang rokok ilegal bisa diserap masyarakat dan 


“Kita berupaya semaksimal mungkin Sosialisasi Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 peraturan di Bidang Cukai melalui pagelaran wayang kulit,” tutur Kepala Dinkominfotik Tatag Koes Adianto disela pertunjukan di Gedung Korpri, Jalan MT Haryono, Brebes. Sabtu (25/11/2023). 


Setidaknya, untuk menghibur dan mengedukasi serta sosialisasi kepada masyarakat Brebes. Juga untuk membangkitkan kembali animo masyarakat yang berkaitan dengan kesenian tradisional. Dikarenakan selama ini di Kabupaten Brebes kesenian tradisional kondisinya seperti dalam posisi tiarap, dan sampai dengan saat ini kita lebih banyak disuguhi dengan berbagai event, serta hiburan ataupun tontonan yang nuansanya milenial. 


Kepala Bidang Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Brebes Dian Kurnianto mengatakan pagelaran wayang, selain sosialisasi mengenai rokok ilegal kepada masyarakat, juga sebagai bentuk melestarikan budaya bangsa yang digelar dalam rangka Sosialisasi Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 di Bidang Cukai.

“Kegiatan ini untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia khususnya Budaya Jawa,” ujar Dian. 


Selain itu, sebagai informasi dan edukasi tentang cukai rokok dan cukai tembakau kepada masyarakat dalam rangka mengurangi dan mencegah peredaran rokok ilegal di kabupaten Brebes. 


Kepala Kantor Bea Cukai Tegal Yudiarto berpesan apabila masyarakat menemukan rokok  yang tanpa pita ataupun pita palsu dapat melaporkannya kepada Bea Cukai ataupun kepada Satpol PP.

“Nanti kalau ketemu yang tanpa pita, atau pita palsu bisa infokan ke kami (Bea Cukai) atau ke teman teman Satpol PP, kita sudah kerja sama antara bea cukai dan Satpol PP untuk operasi bersama memberantas rokok ilegal,” pesannya. 

Sebelum pagelaran, diserahkan tokoh wayang Semar oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Brebes Drs Eko Supriyanto MSi didampingi Kepala Dinkominfotik Brebes Dan Kepala Kantor Bea Cukai Tegal kepada Dalang Ki Tarto Wiji Wasito.


Dalam pagelaran, Dalang Ki Tarto Wiji Wasito memainkan lakon Sirnaning Angkara. Tampak menyaksikan pagelaran Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Brebes, Kepala Kantor Bea Cukai Tegal, Kepala Dinkominfotik Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga beserta jajaran Kepala Sekolah, Satpol PP, Camat Brebes, masyarakat sekitar, serta tamu undangan lainnya.(G) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru