Pj Bupati Brebes: Tanpa Guru Kita Bukan Apa-apa


Brebes (ranahpesisir.com)
Penjabat (Pj) Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH mengaku bangga dengan kehadiran sosok guru, karena tanpa guru manusia bukanlah apa-apa. Guru mampu menunjukan perkara yang hak dan batil, menuntun kehidupan yang lebih baik dengan penerang berupa ilmu pengetahuan. 


Demikian disampaikan Urip Sihabudin usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023. Upacara digelar di lapangan SMP N 1 Jatibarang, Brebes, Sabtu (25/11/2023).


Di Brebes, kata Urip, masih membutuhkan guru namun karena aturan tidak bisa menerima tenaga honorer dan sejenisnya. Saat ini tengah konsentrasi menuntaskan Guru Tidak Tetap untuk diikutsertakan dalam kompetisi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ataupun PNS. 


“Kita tuntaskan dulu guru-guru honorer agar bisa diangkat sebagai PPPK atau pun PNS,” kata Urip. 


Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Urip Sihabudin SH MH membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.  


Dalam sambutannya antara lain mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah menghargai perjuangan para pendidik formal−guru dan dosen, pendidik nonformal, dan tenaga kependidikan dengan menetapkan hari lahir PGRI, tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui penetapan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 tahun 1994. 


PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat untuk memajukan Pendidikan Nasional.


“Dalam proses pendidikan, guru menjadi aktor utama dan penting yang memainkan peran strategis. Kedudukan terhormat yang dimiliki para pejabat di lembaga legislatif maupun eksekutif, tentu tidak terlepas dari peran dan jasa guru,” ucapnya.


Pascapandemi hikmah terpenting yang dapat dipetik adalah peran guru tidak akan pernah tergantikan teknologi. Guru merupakan profesi yang menjadi suluh terbaik agar anak bangsa dapat terus berjalan menuju arah yang mereka cita-citakan.


PGRI berada pada situasi dan zaman yang telah berubah. Pengurus dan anggota PGRI di semua tingkatan harus adaptif dalam merespon segala perubahan dengan saling belajar dan berbagi dengan sesama guru. Disamping memperjuangkan kesejahteraan dan kepastian status guru, PGRI juga aktif melakukan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi seperti bimtek, diklat, lokakarya, dan seminar, dapat menyasar jutaan guru di seluruh tanah air.


Usai upacara diserahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba dalam rangka peringatan hari guru dan PGRI. Urip menyerahkan penghargaan tersebut didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga, Asisten III Sekda, Ketua PGRI Kabupaten Brebes, jajaran Forkopimcam, Camat Jatibarang, Kepala OPD, serta tamu undangan lainnya,  

Upacara diikuti Pengurus PGRI Kabupaten beserta jajaran, perwakilan guru dan Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMA Se Kabupaten Brebes.(G) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru