Koramil 12 Bantarkawung Gelar Karya Bakti Penanaman Pohon Di Lahan Gundul


Brebes (ranahpesisir.com)
- Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Koramil 12 Bantarkawung, Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma bersama pihak Kecamatan, Polsek, Perhutani BKPH Bantarkawung, PPM (Pemuda Panca Marga) dan Perangkat Desa Bantarkawung melakukan penanaman ribuan pohon penghijauan di lahan milik perhutani, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah. Selasa (23/01/2024).



Penanaman pohon dengan luas 1000 M2 dan jumlah pohon 200 yang terdiri dari jenis pohon seperti, Pohon Mahoni, Pohon Durian, Pohon Jenjeng, dan Pohon Alpukat.

Camat Bantarkawung diwakili Sekcam Agus Prasetyo, S.H. dalam sambutannya menyampaikan, Giat penghijauan ini berada di lahan perhutani yang belakangan ini terkena dampak longsor seperti diketahui belakangan hari ini curah hujan lebih tinggi.


“Untuk itu kami kepada seluruh warga Kecamatan Bantarkawung umumnya khususnya yang berada di Desa Bantarkawung kita sama-sama peduli dengan lingkungan”, ujarnya.


Sementara Bati Tuud Koramil 12 Bantarkawung, Peltu Diono mengatakan, Penanaman pohon dengan tema “Karya Bhakti TNI Tangan Tuhan dan Bakti sosial Penanaman Pohon / Penghijauan Menuju Brebes Berhias”  ini adalah kepedulian dari Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si dimana melanjutkan perintah Kepala Staf Angkatan Darat, karena melihat situasi kondisi alam yang musim penghujan yang ekstrim.


“Sehingga Bapak Kasad memerintahkan kepada Kodim Kodim jajaran dan Koramil untuk mencari lahan kritis yang bisa menimbulkan terjadinya bencana alam baik longsor ataupun banjir”, katanya.


Lebih lanjut Peltu Diono menambahkan, Bantarkawung ini banyak ketinggian-ketinggian yang rawan tanah longsor berawal dari situ, beberapa waktu terjadi tanah longsor di sekitaran sini bisa kita lihat di sekeliling kita bahwa kontur tanah di sini turun naik dan tanah yang labil.


“Kalau bapak ibu dapat informasi ada tanah yang rawan longsor tolong lapor kepada kami. Dalam rangka mencegah tanah longsor dan banjir,hari ini kita dapat menanam pohon kurang lebih 200 batang pohon”, pungkasnya. (G) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru