Selamat Datang!

6 Tim Kesebelasan Mengikuti Festival Forsgi Korda Pekalongan. Juara 1 dan 2 Wakili Tingkat Provinsi


BREBES (ranahpesisir.com)
- Sedikitnya 6 tim kesebelasan dari se Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah, mengikuti Festival Forsgi Korda Pekalongan Kelompok Umur (KU) 10, dan KU 12 di Stadion Karangbirahi Brebes, Minggu 12 Mei 2024.


Festival Forsgi Korda Pekalongan tahun 2024 ini, dibuka oleh Dandim 0713 Brebes, Letkol Infantri Sapto Broto. 


Hadir dalam festival perwakilan dari Polres Brebes, Ketua Askab PSSI Brebes, Heri Fitriansyah yang diwakili Wakil Ketua Bambang Purwanto, Ketua Persab Brebes, Asrofi, Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Brebes, Mob. Aka Dharma Wahana, dan Forsgi se Karesidenan Pekalongan serta tamu undangan lainnya.


Dandim 0713 Brebes, Letkol Infantri Sapto Broto, mengatakan, festival KU 10 dan KU 12 ini diharapkan bisa mencetak pemain-pemain terbaiknya. 


"Untuk bisa menjadi pemain terbaik perlu latihan rutin dan mengadakan uji tanding. Ini ajang baik, karena merupakan bagian upaya melindungi generasi bangsa dari pengaruh anak terhadap penyalahgunaan narkoba, mencegah tawuran, dan menghindari pergaulan dari genk motor yang kerapkali terjadi. Sering-seringlah mengadakan turnamen seperti ini," harap Sapto Broto.


Ketua Askab PSSI Brebes Heri Fitriansyah yang di wakili Bambang Purwanto, mengakatan, pembinaan sepakbola usia dini yang dilaksanakan Forsgi ini sejalan dengan program Askab PSSI Brebes. Hal itu menyusul pada bulan depan, Askab PSSI Brebes akan mengadakan turnamen rutin bagi KU 11, KU 13, dan KU 16.


"Khusus untuk KU 13 adalah ajang Piala Soeratin tingkat Kabupaten Brebes yang juaranya akan mewakili  Kabupaten ke tingkat Jawa Tengah. Kemudian KU 16 merupakan kompetisi yang akan dipersiapkan bagi tim seperti Persab Brebes di Piala Soeratin U 17 tingkat Jawa Tengah," terangnya.


Ia berpesan jaga fair play dan persaudaraan. Sepakbola tidak hanya dapat mencetak pemain yang bagus, namun juga membentuk mental pemain yang bagus.


Ketua Persab Brebes Asrofi, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Forsgi Kabupaten Brebes yang rutin menyelenggarakan turnamen sepakbola KU 10 dan KU 12.


"Turnamen bagi kelompok umur usia dini ini, mungkin baru sekitar 7-10 tahun akan memetik hasilnya. Yaitu muncul talenta-talenda sepakbola muda yang berbakat," ucap Asrofi.


Ia berterimakasih kepada Forsgi Kabupaten Brebes, karena dengan adanya turnamen sepakbola usia dini ini, sesuai program Persab Brebes dalam rangka mencetak pemain-pemain handal putra daerah. 


"Kedepan dari Persab Brebes manakala akan mengikuti kompetisi Piala Soeratin U17, akan memersiapkan timnya dari putra daerah terbaik 80 persen dan 20 persen dari luar daerah," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Penyelanggara, Afan Setiono menjelaskan, Festival Forsgi Korda Pekalongan Kelompok Umur (KU) 10, dan KU 12 ini, merupakan yang kedua kali diadakan. Di mana, yang pertama di Kabupaten Pemalang dan kedua ini di Kabupaten Brebes.


Menurutnya, festival yang digunakan dengan sistem setengah kompetisi ini, untuk juara 1 dan 2 KU 10 dan KU 12 akan mewakili Festival Forsgi tingkat Provinsi Jateng. Sedangkan juara 3 tidak dipertandingkan, menjadi juara 3 bersama.


Ia mengucapkan terimakasih kepada para tamu undangan, seperti Dandim Brebes, Polres Brebes, Askab PSSI Brebes, Persab Brebes, Dikpora serta para peserta yang hadir dengan semangat yang tinggi di festival ini.


Festival ini bertujuan selain untuk membentuk karakter luhur bagi pemain sepakbola yang baik, juga menciptakan pemain-pemain sepakbola lokal yang handal.


"Jadi, bukan hanya sekadar mencetak pemain handal. Akan tetapi, bal Balan iya, ngaji juga iya," ujar Kades Randusanga Kulon ini.


Berikut adalah 6 peserta yang mengikuti Festival Forsgi Korda Pekalongan tahun 2024 :

1. Kabupaten Brebes 

2. Kabupaten Tegal

3. Kota Tegal

4. Kabupaten Pemalang

5. Kabupaten Pekalongan 

6. Kabupaten Batang

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com