Jembatan Merah Putih Menyambung Warga Yang Terisolir


Brebes (ranahpesisir.com)
Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponogoro Mayjen TNI Deddy Suryadi SIP MSi meresmikan tiga Jembatan Gantung Merah Putih. Ketiga Jembatan tersebut berada di Dukuh Wadas Gumantung Desa Kutamendala Kec Tonjong, Jembatan Gantung Desa Kalinusu Kec Bumiayu dan Jembatan Gantung Dukuh Cisa'at Kec Bantarkawung Kabupaten Brebes. Peresmian simbolis dipusatkan di Desa Kalinusu, Bumiayu, Brebes. Selasa (28/5/2024). 


Ribuan warga dari Kecamatan Bumiayu, Bantarkawung dan Tonjong menyaksikan secara langsung peresmian tersebut dengan mengucapkan puji syukur karena apa yang di cita-cita oleh warga selama ini bisa terwujud berkat Gerakan Tangan Tuhan, Kodim 0713/Brebes, warga dan para relawan.


Pangdam Deddy Suryadi mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberadaan jembatan gantung merah putih agar awet. Jembatan ini merupakan sarana transpotasi yang sangat vital bagi warga Masyarakat sehingga mudah dalam menyebrang Sungai. Masyarakat tidak harus turun langsung kesungai yang tentunya sangat berbahaya apalagi kalau sedang banjir. 


“Kami Bersama jajaran prajurit TNI akan terus bersinergi dengan semua elemen masyarajat untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional, termasuk pembuatan jembatan merah putih ini,” ungkapnya.


Pangdam menambahkan bahwa dirinya juga sudah menyampaikan ke Presiden Joko Widodo yang akan meresmikan Jembatan Gantung di wilayah Kodam IV/Diponogoro.


Pj Bupati Iwanuddin Iskandar SH MHum saat mendampingi Pangdam IV/Diponogoro merasa bangga dan bahagia karena dengan adanya tiga Jembatan Gantung yang di bangun oleh Gerakan Tangan Tuhan Kodim 0713 Brebes. Warga yang selama ini terisolir dan kesulitan saat harus menyebrangi Sungai, sekarang ini jadi lebih mudah dalam membawa hasil panen dan akses menuju pusat kota.


"Selama ini warga yang nyebrang sungai karena belum ada jembatan dengan turun masuk air, dan anak-anak yang berangkat sekolah juga harus di gendong atau harus naik jukung," jelasnya.


Menurut Iwan, Gerakan Tangan Tuhan sangat banyak sekali manfaatnya, khusunya bagi masyarakat yang memang kesulitan akses jalan. Apalagi Kabupaten Brebes wilayahnya cukup luas.


Sebelum meresmikan jembatan, Pangdam bersama Pj Bupati menanam pohon akar wangi di sekitar jembatan agar tidak terjadi abrasi atau longsor. Pangdam selain meresmikan tiga jambatan gantung juga memberikan bantuan sosial di lokasi panen raya padi di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu serta pengecekan optimalisasi lahan dan pompanisasi untuk pengairan untuk 133 Hektar Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung.(G) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sembilan Filosofi Jawa yang Diajarkan Kanjeng Sunan Kalijaga

Walikota Hendi Jadi Simbol Reformasi

UPS TEGAL Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru